5 Penyebab Bisnis Online Mengalami Kegagalan yang Wajib Anda Tahu! - BangFikri.com - Semua Informasi Tentang Bisnis Blogger Widgets

5 Penyebab Bisnis Online Mengalami Kegagalan yang Wajib Anda Tahu!

https://www.bangfikri.com/2017/07/5-penyebab-bisnis-online-mengalami_23.html

BangFikri.com - Penyebab bisnis online mengalami kegagalan sangatlah banyak, baik dari diri sendiri maupun faktor di luar diri. Dan, semua orang berpeluang untuk mengalaminya dengan skala berbeda-beda tentunya. Namun begitu, bukan berarti Anda lalu menyerah begitu saja sebelum mencoba. Menemukan penyebab kegagalan sekaligus menemukan solusinya merupakan kunci sukses keberhasilan Anda. Berikut ini beberapa penyebab yang pada umumnya dialami oleh para pebisnis.

1. Menawarkan Produk yang Tidak Diminati Pasar

Banyak orang yang salah dalam menentukan produk bisnisnya. Mereka memproduksi barang yang tidak diminati pasar. Alhasil, barang tersebut tidak akan laku dijual. Tidak bisa dipungkiri, untuk memperoleh banyak konsumen, produk yang Anda jual haruslah menarik dan banyak dibutuhkan orang. Semakin sempit segmen pasar, semakin sedikit juga peluang Anda mendapatkan konsumen. Oleh karena itu, untuk menghindari kegagalan, pertimbangkan benar-benar produk yang akan dijual. Dalam hal ini, Anda bisa melakukan survei terlebih dahulu untuk mengetahui barang apa saja yang banyak diminati pasar.

2. Menawarkan Produk Berbahaya

Produk berbahaya di sini berarti produk yang dapat membahayakan konsumen, baik secara fisik maupun mental, bisa juga barang yang dilarang hukum. Contoh produk tersebut antara lain narkoba dengan berbagai manipulasi bentuk atau kosmetik dengan bahan berbahaya. Perlu diketahui, saat ini konsumen sudah sangat cerdas. Terlebih dengan banyaknya informasi yang beredar di internet. Produk yang diragukan keamanannya sudah barang tentu akan dihindari. Oleh karena itu, hindari selalu untuk menawarkan produk berbahaya.

3. Kurangnya Pemasaran

Di dunia bisnis, sebagus dan semenarik apa pun produk yang Anda jual, jika tidak dipasarkan dengan baik, akan kalah bersaing dengan produk serupa milik orang lain. Tanpa pemasaran, konsumen tidak akan mengetahui keunggulan produk Anda, bahkan tidak mengetahui bahwa Anda juga menyediakan produk dengan kualitas lebih tinggi. Oleh karena itu, penerapan strategi pemasaran yang baik sangat perlu Anda lakukan. Terlebih bisnis online yang notabene menjual bahasa dan gambar sebelum konsumen mendapatkan barang nyata. Buatlah bahasa yang menarik dan gambar dengan resolusi tinggi hingga membuat konsumen tergoda untuk membelinya.

4. Kurang Fokus dan Mudah Menyerah

Meskipun bisnis online bisa dilakukan sambil mengerjakan pekerjaan lain, bukan berarti Anda membagi-bagi pikiran untuk hal selain bisnis online. Pikiran yang kurang fokus pada bisnis online akan berujung pada kegagalan. Oleh karena itu, fokuskan selalu pikiran Anda agar bisnis online mengalami kemajuan. Temukan ide-ide kreatif sehingga konsumen menjadi lebih tertarik untuk membeli produk Anda daripada milik orang lain. Dan, satu lagi, jangan mudah menyerah saat pasar masih lesu terhadap produk Anda. Teruslah berusaha untuk menerapkan metode lain yang lebih segar sehingga bisa membangkitkan minat konsumen terhadap barang Anda.

5. Gagal Menjaga Kepercayaan Konsumen

Kepercayaan konsumen merupakan modal terbesar keberhasilan sebuah bisnis online. Tanpa adanya kepercayaan dari konsumen, sudah bisa dipastikan bisnis tersebut lambat laun akan mengalami kegagalan. Oleh karena itu, saat bisnis Anda sudah memperoleh tempat di hati konsumen, pertahankan kualitas dari produk Anda, bahkan kalau bisa tingkatkan lagi. Jangan sampai konsumen merasa kecewa atau tertipu dengan produk yang Anda tawarkan. Jalin komunikasi yang baik, sehingga segala keluhan konsumen dapat segera Anda perbaiki dan konsumen pun tidak lari ke pesaing Anda.

Itulah beberapa penyebab sebuah bisnis online mengalami kegagalan. Oleh karena itu, agar dapat sukses, berusahalah terus untuk menemukan solusi dari berbagai penyebab bisnis online mengalami kegagalan tersebut.

Mau Belajar Membuat Blog yang Benar-benar Menghasilkan UANG? Klik Tulisan atau Text ini.