Dasar - Dasar Pengertian Price Floors and Ceilings - BangFikri.com - Semua Informasi Tentang Bisnis Blogger Widgets

Dasar - Dasar Pengertian Price Floors and Ceilings


Fikri Blog - Perhitungan cost merupakan batasan pada titik betapa kita harus menjual produk yang kita tawarkan tersebut. Produsen selalu menentukan harga jual di atas price floors. Tujuannya adalah untuk menutupi seluruh biaya yang telah dikeluarkan. Namun ada juga produsen yang menetapkan harga jual di bawah price floors untuk waktu-waktu tertentu. Kondisi ini pada umumnya dilakukan untuk penetrasi pasar.


Perceived value dapat juga dijadikan batasan penentuan harga, artinya harga maksimum yang harus dikeluarkan oleh pelanggan berdasarkan persepsi pelanggan terhadap seberapa jauh nilai produk tersebut menguntungkan bagi mereka. Keadaan ini biasanya disebut "What market will bear". Perceived value diciptakan apabila produk tersebut telah memiliki reputasi, pesan pemasaran, kemasan yang menarik, lingkungan penjualan yang telah mapan, dan sebagainya. Komponen yang paling penting untuk perceived value adalah perbandingan antara product value menurut pelanggan dan prospek antara produk yang kita hasilkan dan produk yang dibuat oleh pesaing.

Kadang-kadang terdapat kesenjangan antara biaya yang kita keluarkan dan persepsi pelanggan mengenai produk yang kita hasilkan tersebut. Penentuan harga yang tepat adalah harga yang dapat menghasilkan laba tetapi dari sisi pelanggan pas (tidak terlalu mahal dan tidak terlalu murah). Artinya, apabila kita telah memahami struktur biaya (cost floor) dan nilai produk (value price ceiling), kita dapat mengambil keputusan yang tepat tentang bagaimana menetapkan harga terhadap produk atau jasa yang kita hasilkan tersebut.



Kesimpulannya, kita harus hati-hati di dalam menetapkan harga. Jangan membatasi pengertian kita hanya pada : "Pricing hanya dipengaruhi oleh cost". Value based pricing membuat kita harus berpikir mengenai bisnis yang sedang kita jalankan dari kacamata pelanggan. Seandainya pelanggan beranggapan bahwa perceived value tidak memberikan manfaat apa-apa terhadap produk yang mereka beli, kita tidak dapat menawarkan harga sesuai dengan cost yang telah kita keluarkan. Artinya, kita harus memikirkan ulang bisnis yang sedang kita jalankan tersebut.

Demikianlah artikel tentang Dasar-Dasar Pengertian Price Floors and Ceilings, Semoga bermanfaat dan dapat membantu bisnis yang sedang anda jalankan.
Mau Belajar Membuat Blog yang Benar-benar Menghasilkan UANG? Klik Tulisan atau Text ini.