Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) - BangFikri.com - Semua Informasi Tentang Bisnis Blogger Widgets

Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix)


Fikri Blog - Strategi bauran pemasaran (Marketing Mix) disusun untuk mencapai tujuan pemasaran. Sebagai jantung dari marketing plan, strategi bauran pemasaran minimal harus mencakup hal-hal berikut :

  • Produk dan jasa yang kita hasilkan.
  • Berapa harga yang akan kita jual kepada konsumen.
  • Bagaimana strategi promosi yang dapat meningkatkan awareness atas produk/jasa yang kita hasilkan di tengah-tengah persaingan.
  • Bagaimana produk ini didistribusikan.
Keempat bauran pemasaran tersebut harus dapat dijelaskan secara terperinci di dalam penyusunan marketing plan.


Produk

Produk dapat memiliki sifat tangible dan intangible. Pengertian produk disini juga termasuk pengertian jasa yang mengikuti produk tersebut. Misalnya, kita membeli ayam goreng. Meskipun ayam goreng tersebut terasa lezat, kita pasti akan kecewa jika untuk memperoleh ayam goreng tersebut kita harus berebutan sampai tubuh kita babak belur terinjak-injak konsumen lainnya.



Pembahasan mengenai produk dan jasa hendaknya dikaitkan dengan penjelasan mengenai tampilan (features) serta berbagai fungsi dan manfaat yang akan diterima konsumen seandainya mereka menggunakan produk tersebut. Penjelasan mengenai produk ini dapat juga ditambahi informasi tentang hal-hal yang berkaitan dengan bagaimana kita menghasilkan produk tersebut.

Harga

Jelaskan strategi mengenai harga serta cantumkan dengan jelas berapa harga jual masing-masing produk yang kita hasilkan tersebut berdasarkan masing-masing lini produk yang bersangkutan. Contohnya, apabila produk yang kita hasilkan tersebut merupakan satu lini produk kosmetik, penjelasan mengenai harga misalnya : lipstick berkisar dari Rp. 50.000 sampai Rp. 100.000 per unit. Penjelasan detail mengenai harga masing-masing jenis lipstick tersebut dimasukkan dalam dikumen tersendiri berupa lampiran pendukung.


Penjelasan mengenai negosiasi mengenai harga, potongan harga dan cara pembayaran juga harus dijelaskan secara terperinci sehingga konsumen yang ingin membeli dalam jumlah besar dan membayar secara tunai dapat memperoleh keuntungan lebih besar dibandingkan dengan membeli secara kredit, atau pembayaran dapat dilakukan paling lambat 30 hari setelah barang diterima, atau pembayaran dapat dilakukan dengan menggunakan kartu kredit.

Demikian penjelasan tentang Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix), Semoga bermanfaat dan dapat membantu perkembangan bisnis yang anda jalankan sekarang.


Mau Belajar Membuat Blog yang Benar-benar Menghasilkan UANG? Klik Tulisan atau Text ini.