Tujuan Pemasaran (Marketing Objectives) - BangFikri.com - Semua Informasi Tentang Bisnis Blogger Widgets

Tujuan Pemasaran (Marketing Objectives)


Fikri Blog - Tujuan pemasaran harus berorientasi pada penjualan. Penentuan tujuan pemasaran ini hendaknya memenuhi kriteria sebagai berikut :

  • Secara jelas menyebutkan apa yang akan dicapai.
  • Dapat diukur dengan jelas.
  • Menyebutkan kapan tujuan tersebut harus dicapai.
Contoh tujuan pemasaran yang baik adalah :

Baca Juga : Komponen Marketing Plan

1. Meningkatkan awareness terhadap produk sebesar 30% kepada target market yang diharapkan dalam periode satu tahun.

2. Meningkatkan nilai penjualan dalam periode satu tahun sebesar 20%.

3. Menginformasikan kepada target market tentang produk yang dihasilkan (features and benefit) sebesar 10%.


Seandainya kita memiliki tujuan ganda, perumusan tujuan tersebut harus benar-benar konsisten dan tidak kontradiktif. Selain itu, komponen-komponen di dalam strategi marketing plan, seperti budget, program tindak lanjut (action plan), alat pengendalian, dan sebagainya harus mendukung tujuan pemasaran.



Penentuan tujuan pemasaran yang tepat dan jelas dapat dipakai sebagai alat pengendalian kegiatan pemasaran, apakah kegiatan pemasaran tersebut benar-benar telah menjalankan tugasnya dengan baik, telah disusun berdasarkan potensi sumber daya yang dimiliki perusahaan, serta telah mempertimbangkan kecenderungan perubahan yang terjadi di masa yang akan datang.

Strategi Pemasaran

Strategi ini merupakan kumpulan tindakan pemasaran yang terintegrasi dalam rangka memberikan nilai kepada konsumen dan menciptakan keunggulan bersaing bagi perusahaan. Strategi pemasaran harus bersifat distinctive (artinya bersifat unik, tidak mudah ditiru oleh pesaing, dan spesifik) dan didukung oleh semua potensi yang dimiliki oleh perusahaan secara optimal.

Baca Juga : 40 Ide Dasar Mengenai Pemasaran

Strategi pemasaran merupakan cara perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran. Dalam tujuan pemasaran harus secara jelas disebutkan berapa market share dan volume penjualan yang ingin dicapai, kapan ingin dicapai. Dengan demikian, strategi pemasaran adalah keseluruhan langkah untuk mencapai sasaran tertentu. Jadi strategi pemasaran merupakan cerminan pemikiran terbaik perusahaan tentang hal-hal yang berkaitan dengan bagaimana perusahaan memanfaatkan potensi sumberdaya manusia pada pasar yang paling menguntungkan.


Mau Belajar Membuat Blog yang Benar-benar Menghasilkan UANG? Klik Tulisan atau Text ini.