Indeks Untuk Mengukur Tingkat Kepuasan Pelanggan di Jejaring Sosial - BangFikri.com - Semua Informasi Tentang Bisnis Blogger Widgets

Indeks Untuk Mengukur Tingkat Kepuasan Pelanggan di Jejaring Sosial

"Apa saja indikator untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan di jejaring sosial?"

BangFikri.com - Bisnis online melalui jejaring sosial bukanlah sesuatu yang sulit dilakukan di zaman modern. Berbekal gadget atau perangkat portable dengan koneksi internet, kita bisa memulai bisnis online kapanpun dan dimanapun. Banyak produk yang mendominasi bidang bisnis online, mulai dari produk kuliner, fashion hingga peranti.

Meski memulai bisnis online sangat praktis, tentunya kita tidak bisa menebak harapan pelanggan saat kita berhadapan langsung dan melakukan transaksi secara langsung. Banyak hal yang bisa dijadikan indikator ukuran kepuasan pelanggan di jejaring sosial. Indikator-indikator ini adalah :

1. Pengukuran volume dan karakteristik subjek

Mengukur dalam hal volume dan topik adalah salah satu cara termudah untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan di jejaring sosial. Kami dapat memperkirakan kepuasan klien kami melalui banyak pesan pribadi dan pemberitahuan yang kami terima di jejaring sosial, jawaban yang diberikan oleh pengguna jejaring sosial terhadap konten yang kami publikasikan dan berapa banyak kata kunci komersial kami yang disebut dan dibahas oleh pengguna. pengguna jejaring sosial.

Jadi, indikator ini memungkinkan kita untuk mengukur kepuasan dalam hal jumlah komentar. Dengan mengelompokkan jawaban dan pertanyaan umum yang sering diajukan pengguna jaringan sosial, kami dapat segera membuat pertanyaan (pertanyaan yang sering diajukan) sehingga calon pelanggan dapat menemukan lebih banyak informasi tentang bisnis online kami.

2. Indikator dari aspek respon

Ciri-ciri indikator ini bisa sangat rinci untuk kita gunakan. Pengukuran waktu respon pertama, waktu respon rata-rata, waktu rata-rata untuk merespons tanggapan dan tingkat penolakan respons sangat penting untuk meningkatkan kualitas layanan komersial online. Jika dari pengukuran ini kita menemukan bahwa tingkat respon yang diberikan oleh pengguna jejaring sosial masih rendah, sedangkan tingkat kelalaian tinggi, maka kita harus menemukan dimana letak masalah komunikasi.

Masalah komunikasi yang serius dapat menyebabkan bisnis online kita ditinggalkan oleh pelanggan di antara pengguna jejaring sosial. Karena itu, segera selesaikan masalah dalam proses pengelolaan akun jejaring sosial ya.

3. Tingkat kepercayaan dalam bisnis online

Pengukuran kepuasan pelanggan dalam hal tingkat kepercayaan dapat dikategorikan sebagai salah satu kunci penting untuk menjalankan bisnis online yang sukses. Bisnis online yang kita kembangkan pasti bisa berjalan tanpa masalah saat kita mendapatkan pengakuan dan umpan balik positif dari pengguna jejaring sosial. Mulailah mencoba memperhatikan peringkat atau komentar yang diberikan oleh pelanggan tentang produk dan layanan komersial kami secara online. Jika rating positif atau negatif. Peringkat nilai selalu menjadi rujukan bagi kita untuk memperbaiki bisnis dan berinovasi.

Tidak hanya itu, kepuasan pelanggan setia juga menjadi indikator penting bagi bisnis online. Karena pelanggan setia yang puas dengan layanan kami dapat mempengaruhi orang lain untuk mulai percaya dan memilih bisnis online kita. Strategi untuk memuaskan klien yang paling berpengaruh harus diimplementasikan dengan hati-hati dan presisi. Dari sisi persaingan, tingkat perasaan juga harus diukur untuk membandingkan apakah produk kita berhasil membuat pesaing merasa tidak ada bandingannya atau tidak. Karena pesaing yang merasa tidak memiliki hal yang sama pasti akan berusaha mempertahankan eksistensi produk mereka.

Dua parameter yang dapat digunakan untuk mengukur tingkat sentimen adalah CSI (Customer Satisfaction Index) dan NPS (net score of the promotor). Dengan menggunakan 2 parameter ini, kita bisa mengukur seberapa besar tingkat kepuasan pelanggan terhadap bisnis online kita.

Jadi, jika kita selalu berusaha mengukur kepuasan pelanggan terhadap jejaring sosial secara reguler, maka kita bisa menemukan cara yang tepat untuk berinovasi dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Pelanggan yang puas tidak akan ragu untuk memberikan loyalitas dan kepercayaan diri pada bisnis online kita. Tidak hanya itu, pelanggan yang puas juga bisa menjadi promotor yang efektif untuk menarik perhatian dan minat calon klien lainnya.

Yuk, Jaga kepuasan klien komersial kita secara online melalui jejaring sosial.

Mau Belajar Membuat Blog yang Benar-benar Menghasilkan UANG? Klik Tulisan atau Text ini.