Agar Bisnis Sukses, Cari Tahu Penilaian dari Konsumen Melalui Cara Ini - BangFikri.com - Semua Informasi Tentang Bisnis Blogger Widgets

Agar Bisnis Sukses, Cari Tahu Penilaian dari Konsumen Melalui Cara Ini


Agar Bisnis Sukses, Cari Tahu Penilaian dari Konsumen Melalui Cara Ini

BangFikri.com - Perjalanan bisnis tidak akan sempurna jika tidak ada umpan balik dari pelanggan. Ini tentu sangat wajar karena pelanggan adalah kunci untuk menentukan keberhasilan atau kegagalan suatu bisnis.

Tanpa pelanggan, perusahaan akan bangkrut karena tidak ada yang membeli barang yang diproduksi perusahaan.

Agar bisnis yang dimiliki tumbuh pesat, seorang pebisnis perlu mengetahui sejauh mana bisnis tersebut mampu melayani pelanggan. Dengan penilaian pelanggan, perusahaan menjadi sadar akan tingkat kepuasan pelanggan sejauh ini.

Untuk mendapatkan penilaian dari pelanggan, lakukan cara-cara berikut, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Lakukan Survei di Tempat

Banyak pusat pedagang melakukan survei di tempat untuk menilai peringkat pelanggan. Cara menggunakan monitor kecil.

Setelah berbelanja, pelanggan harus mengklik gambar atau emotikon yang tersedia di layar. Gambar atau emotikon yang mewakili perasaan pelanggan selama berbelanja.

Perusahaan dapat mengumpulkan penilaian ini setiap hari untuk melihat apakah layanan yang diberikan meningkat atau menurun. Jika perusahaan mendapatkan penilaian yang kurang memuaskan, perusahaan dapat segera memperbaiki dirinya sendiri.

2. Kirim Konten melalui E-mail

Metode ini banyak digunakan toko online di Indonesia. Setelah barang mencapai tangan pelanggan, perusahaan akan mengirim konten ke e-mail. Konten biasanya berisi tentang layanan, kesesuaian barang yang dibeli, dan kualitas barang.

Pengiriman konten melalui e-mail dapat dilakukan beberapa hari setelah barang sampai di tangan konsumen. Hindari meminta penilaian ketika barang belum tiba karena sikap ini tidak sopan dan dapat merusak citra bisnis.

3. Manfaatkan Fitur Obrolan Langsung

Seperti yang kita ketahui, fitur obrolan langsung disediakan untuk membangun hubungan baik dengan pelanggan. Pengusaha daring skala besar biasanya memanfaatkan fitur obrolan langsung seperti ini untuk lebih dekat dengan pelanggan. Fitur ini juga membantu menjawab semua pertanyaan pelanggan tentang barang yang dijual perusahaan.

Fitur obrolan langsung sangat efisien dibandingkan fitur lainnya. Namun, perusahaan harus cepat menjawab setiap pertanyaan dari pelanggan. Jika perusahaan membiarkan pelanggan menunggu terlalu lama, peringkat tidak sesuai dengan harapan.

4. Penilaian Melalui Media Sosial

Pebisnis online biasanya menggunakan media sosial untuk mempromosikan barang dagangan mereka. Selain itu, pebisnis juga dapat memanfaatkan situs atau aplikasi berbasis media sosial untuk mendapatkan peringkat dari pelanggan. Keberadaan media sosial membuat pelanggan lebih leluasa untuk berkometar layanan terkait yang disediakan oleh perusahaan.

Peringkat pelanggan buruk yang baik akan ditampilkan di media sosial. Jika perusahaan mendapat penilaian buruk, citra perusahaan akan buruk di mata konsumen. Oleh karena itu, perlakukan pelanggan sebaik mungkin. Tidak hanya dalam hal layanan, tetapi dalam hal kualitas produk dipasarkan.

5. Sediakan Kotak Komentar

Ketersediaan kotak komentar membantu pelanggan untuk mengungkapkan hati mereka mengenai layanan dan kualitas produk yang dijual.

Kotak komentar dapat diisi kapan saja dan di mana saja. Kotak komentar memiliki keunikan di mana setiap pelanggan dapat berkomentar sebanyak yang dia mau.

Pembeli lain dapat mengakses semua komentar dari pelanggan hanya dengan menggulir ke atas atau gulir ke bawah yang dapat digunakan sebagai pertimbangan sebelum membeli suatu barang.

6. Menyediakan Platform Khusus Penilaian

Platform khusus yang dimaksudkan untuk menjadi blog khusus yang isinya hanya dimaksudkan untuk membahas penilaian pelanggan. Setiap peringkat pelanggan dapat dimasukkan langsung ke blog untuk memastikan kualitas perusahaan di mata pelanggannya.

Adanya blog khusus yang terkait dengan penilaian membuat bisnis tertib. Karena respons pelanggan benar-benar dimuat pada satu platform saja.

Kepuasan Pelanggan Nomor Satu

Keberhasilan atau kegagalan bisnis akan bergantung pada pelanggan. Perlakukan pelanggan dengan cara yang khusus, berikan pelayanan yang memuaskan dan jaga kualitas barang sehingga pelanggan tidak pindah ke hati yang lain. Ingat, pelanggan adalah nomor satu. Jangan pernah mengecewakan mereka.

Mau Belajar Membuat Blog yang Benar-benar Menghasilkan UANG? Klik Tulisan atau Text ini.