Ingin Bisnismu Tahan Lama? Yuk, Simak Tipsnya! - BangFikri.com - Semua Informasi Tentang Bisnis Blogger Widgets

Ingin Bisnismu Tahan Lama? Yuk, Simak Tipsnya!

Ingin Bisnismu Tahan Lama? Yuk, Simak Tipsnya!

BangFikri.com - Sebagai seorang pebisnis, kamu pasti paham betul bagaimana caranya memulai suatu bisnis. Namun, bukan memulainya saja yang berat, melainkan juga mempertahankan bisnis tersebut agar bisa bertahan lama.

Di Indonesia, ada banyak sekali bisnis yang bisa bertahan hingga puluhan tahun. Nah, kamu ingin bisnismu juga bertahan lama seperti itu? Ikuti tips Swara Tunaiku berikut, ya!

1. Belajar Terus

Hal utama yang harus kamu lakukan agar bisnis kamu terus berjalan dan tahan lama adalah dengan belajar terus. Jangan pernah puas dengan apa yang kamu dapatkan selama ini.

Dengan belajar terus ini, kamu bisa menemukan banyak inovasi baru untuk bisnismu sehingga tak akan ketinggalan zaman. Tak hanya mengikuti kelas bangku kuliah saja, kamu juga bisa belajar secara otodidak melalui banyak media, seperti YouTube, Podcast, dan berbagai sosial media lainnya.

2. Tingkatkan Networking dengan Sesama Pengusaha dan Industri Lain

Selain itu, cara yang bisa kamu terapkan adalah meningkatkan networking baik antar pengusaha atau dengan industri yang berbeda. Ini adalah kesempatanmu untuk dapat calon partner yang bisa mendukung bisnis. Cara mendapatkan jaringan yang lebih luas ini adalah dengan ikut gathering, sharing session, talkshow, dan lainnya.

3. Solid dengan Tim dan Karyawan

Tak bisa dimungkiri, salah satu cara agar bisnismu bisa terus bertahan adalah dengan tetap solid dengan tim dan karyawan yang kamu miliki. Ciptakanlah lingkungan yang menunjang kinerja karyawanmu. Berikan mereka berbagai fasilitas yang bisa membuat lebih nyaman. Hal ini bisa sangat berpengaruh dengan umur bisnismu.

4. Menjangkau Konsumen Potensial melalui Internet

Sekarang ini zamannya internet yang bisa menghubungkan kita dengan lebih banyak orang. Nah, memanfaatkan internet untuk bisnis ini sangat bagus. Kamu bisa membuat akun sosial media atau blog yang berisikan sejumlah bisnismu. Semakin aktivitas di internet kamu aktif, semakin banyaklah orang yang bisa kamu sentuh untuk bisnis itu.

Hanya saja, untuk bisa melakukan ini dan hasilnya memuaskan, kamu harus tahu ilmu digital marketing. Kalau tidak, hasil yang kamu dapat juga tidak akan terlalu memuaskan. Kalau tak bisa, kamu bisa minta bantuan orang yang sudah berpengalaman di bidang ini.

5. Pelajari Kompetitor

Setiap bisnis pasti punya pesaing, kan? Nah, agar bisnis kamu bisa awet dan sukses, jangan pernah tutup mata dengan pesaing kamu.

Kamu harus memonitor perkembangan bisnis mereka dan cari tahu bagaimana cara mereka bekerja. Kamu bisa coba jadi konsumennya atau mengobrol dengan karyawannya untuk melakukan ini.

6. Rancang SOP

Paling penting, kamu harus merancang SOP yang benar agar bisnis kamu bisa bertahan lama. SOP ini sendiri adalah suatu instruksi cara kerja yang wajib diikuti oleh semua orang yang tergabung di dalamnya.

Isi dari SOP ini adalah mulai dari cara pembuatan produk, cara pemasaran, cara melayani pelanggan, cara menghitung keuangan, dan lainnya.

7. Lakukan Terus-menerus

Selain itu, hal penting lainnya yang harus kamu lakukan agar bisnis yang kamu jalani bisa awet adalah dengan melakukan semua hal di atas dengan terus menerus. Jangan merasa cukup dengan apa yang ada sekarang, karena itu bisa jadi bumerang bagi usaha kamu sendiri.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar bisnis yang sedang kamu jalani sekarang bisa awet dan tahan lama. Selamat mencoba!
Mau Belajar Membuat Blog yang Benar-benar Menghasilkan UANG? Klik Tulisan atau Text ini.

No comments:

Post a Comment